Sabtu, 13 September 2008

ZONA MAHASISWA

SEBUAH CATATAN BUAT MAHASISWA BARU (06 juni 2005)
oleh Jariston Habeahan

SELAMAT DATANG DAN BERGABUNG DALAM KELUARGA BESAR FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SUMATERA UTARA !
Kami menyambut kehadiran adek-adek dengan senang hati dan penuh kebahagiaan. Kami senior-senior kalian semua, berharap semoga dengan kehadiran kalian di FKM ini akan membawakan marapan masadepan yang cemerlang nantinya.
Kami senior yang ada di FKM ini, sedikit banyak tahu bagaimana perasaan kami ketika kami menginjakkan kaki di FKM ini. sehinggga denga dasar itu, kami ingin berbagi pengalaman, seihingga antara senior dan junior tidak merasa ragu dan rugi. Kami juga mahasiswa FKM faham bahwa, diantara adek-adek yang memilih FKM mungkin karena aternatif yang kesekian atau plilihan yang terakhir, boleh-boleh saja. Tapi ingat, sekalipun pilhan terakhir tak perlu bermegah diri, dan tak perlu pula untuk berkecil hati bagi yang pilihan pertama. Segala pejuangan masuk ke FKM ini, sejujurnya itu adalah masih langkah awal dalam menapaki identitas sebagai mahasiswa dan belum lagi berproses didalamnya.
Tapi apapun itu, yang pasti anda sudah menjadi mahasiswa FKM USU Dan berhak berproses menjadi mahasiswa yang intelektual yang berwawasan kesehatan dan akan lebih memaknai kesehatan dalam kehidupan keseharian. Namun sebelum itu, kami tak lupa mengingatkan adek-adek dalam mengenal lingkungan kampus dan hal-hal tekecil sekalipun yang ada didalamnya. Karena siapa tahu ketika kita sudah kenal kita akan makin sayang sama kampus kita ini. artinya, kita sayang karena, kita tahu betul bahwa dengan pembelajaran yang ada dikampus ini, akan menjadi jalan menggapai cinta dan cita-cita kita nantinya. Sehingga kebingungan kita akan masa depan kita, tak akan bertahan lama. Sedikit demi sedikit, kita mengenal apa yang ada dalam kampus, selanjutnya, kita juga akan tahu, apa saja yang dapat kita beri terhadap kampus dan apa yang bisa kita terima. Setidaknya musti ada keseimbangan diantara dua hal ini. Sehingga segalanya akan berjalan dengan lancar dan nyaman. Sehinggga persoalan masa depan tidak menjadi keraguan bagi kita. Dan kita boleh-boleh saja mendambakan ini dan itu. asal sudah jelas caranya dengan begini dan begitu.
Melihat dari apa yang adik terima dari FKM ini, akan sangat banyak ragamnya. Sekurang-kurang adalah kurikulum yang disajikan lewat mata kuliah setiap oleh dosen-dosen setiap bidangnya. Selanjutnya ruang lingkupnya ada pada Tridarma perguruan Tinggi yaitu : Pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Sehingga melalui Tridarma perguruan Tinggi akan memperinci arah dan tujuan kita sebagai mahasiswa. seperti pengajaran yang kita terima akan menjadi proses bagi kita untuk sebuah penelitian.sehingga akan menghasilkan “sesuatu” yang akan kita berikan melalui pengabdian masyarakat. Sehingga masing-masing Tridarma perguruan Tinggi mempunya keterkaitan yang sangat erat.
Maka, sembari berproses lebih dalam lagi di FKM ini, kenali pula wadah-wadah yang bisa menumbuhkan minat bakat, wadah kreatifitas sebagai mahasiswa yang aktif di kampus, disamping pelajaran matakuliah. Karena kami juga sebagai senior, sudah mencicipi lebih dahulu merasakan apa yang akan adik-adik rasakan sebagai mahasiswa. dan betapa sakitnya mahasiswa ketika tidak bisa berbuat banyak dengan persaingan dan persoalan yang ada sekarang ini. dan jika kita ingin menjadi orang yang berpengaruh untuk persoalan masa depan, tentunya mulai sekarang harus menjadi berpengaruh diruang lingkup Lokal, yaitu kampus kita ini. Artinya, melalui kreatifitas dan bakat dan prestasi akan menumbuhkan nilai tawar bagi mahasiswa dan langsung ataupun tidak langsung menjadikan kita generasi yang gigih dan tangguh, bukan generasi yang loyo dan tidak mau tahu dengan apa yang ada.
Maka melalui inilah juga kami memperkenalkan wadah-wadah kreatifitas dan prestasi melalui organisasi yang ada dikampus. Mulai dari kegiatan ekstra sampai kegiatan intra. Karena di FKM ini ada banyak organisasi kemahasiswaan. Yang masing-masing mempunyai nilai tawar tersendiri. Baik organisasi intra ataupun organisasi ekstra. Dalam organisasi intra ada, pemerintahan mahasiswa (PEMA), Perayaan Hari Besar Islam(PHBI) dan Persekutuan Oikumene Mahasiswa Kristen (POMK). Dan tidak kalah menariknya ada lagi organisasi ekstra yang bergelut diluar kampus, yang antara lain, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dll. Maka ketika dikatakan hidup ini menjadi pilihan, tidaklah salah dalam memilih organisasi juga harus faham bahwa adik-adik bisa bertumbuhkembang dalam organisasi tersebut. Untuk lebih mendalaminya, maka tak usah ada rasa takut untuk bertanya kepada senior-seniormu. Karena bagaimanapun seniormu adalah juga manusia sama seperti kamu. Yang pasti minat bakat dan kreatifitas sampai wadah penumbuhan mental anda kearah yang lebih baik, menjadi terjamin jika mau.
Namun perlu dipahami sebelum tercebur kedalam pengkotak-kotakan mahasiswa. Sebab jika terlambat untuk memahami, mahasiswa akan masuk kedalam suatu kotak yang tidak kasat mata. Baik melalui organisasi maupun suku dan agama. Tak perlu disangkal lagi, sedkit banyak telah terjadi sekarang ini. Namun harapan kami supaya ini tidak menjadirutinitas yang ada pada kampus ini. Sebab, begitu kita ada pada suatu jurang pemisah yang tak tampak, akan ada ego dan merasa perpeksionis masing-masing kelompok orang atau organisasi. Seperti pepatah mengatakan, bercerai kita maka runtuh; bersatu kita maka akan teguh.
Marilah dengan berbagai perbedaan kita memacu kita untuk saling mengisi dan melengkapi ditegah kehidupan kita yang kompleks. Sebagai penutup, maaf bila saya mengutip pengantar yang ada dalam cover buku zaman peralihan bahwa, “rangkaian zaman boleh berubah, namun akar dari segalanya tidak boleh tercerabut, yaitu kemanusiaan kita sebagai sebuah bangsa. Ini akan menjadi penuntun jalan kita untuk pulang dan mengeja kembali kebangsaan kita diantara carut marut dan gegap gempitan zaman. Semoga!!!
Penulis adalah sekretaris lembaga pers pemerintahan mahasiswa FKM USU.


Tidak ada komentar: